Cara Mulai Rutin Berolahraga : Panduan Untuk Pemula

Berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda.

Segera setelah Anda mulai berolahraga, Anda akan mulai melihat dan merasakan manfaat aktivitas fisik pada tubuh dan kesehatanmu.

Namun, latihan olahraga dalam rutinitas Anda membutuhkan tekad yang sungguh-sungguh, dan mempertahankannya dalam jangka panjang membutuhkan disiplin.

Jika Anda mempertimbangkan untuk mulai berolahraga tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, artikel ini membantu Anda mengetahui bagaimana memulai rutinitas olahraga agar konsisten.

Mengapa Berolahraga?

Olahraga teratur telah terbukti secara signifikan meningkatkan kesehatan Anda.

Manfaat berolahraga :

  • mempertahankan berat badan yang sehat
  • Menjaga massa otot
  • Mengurangi resiko penyakit kronis
  • Mengangkat suasana hati dan kesehatan mental
  • Membantu tidur lebih baik
  • Mempertahankan tingkat energi yang baik
  • Dll masih banyak lainnya

Singkatnya, olahraga pengaruhnya sangat kuat dapat mengubah hidup Anda.

Jenis Olahraga yang Umum Dilakukan

Ada berbagai jenis latihan, termasuk :

  • Aerobik : Biasanya inti dari program kebugaran apa pun. Contohnya termasuk berenang, berlari dan menari.
  • Kekuatan : Membantu meningkatkan kekuatan dan kekuatan otot. Contohnya termasuk pelatihan resistensi, plyometrics, angkat berat dan berlari.
  • Senam : gerakan tubuh dasar dilakukan tanpa peralatan olahraga dan dengan kecepatan aerobik sedang. Contohnya termasuk lunges, sit-up, push-up dan pull-up.
  • Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) : Termasuk pengulangan dari latihan intensitas tinggi diikuti oleh latihan intensitas rendah atau periode istirahat.
  • Kamp pelatihan : Sirkuit intensitas tinggi berbasis waktu yang menggabungkan latihan aerobik dan resistensi.
  • Keseimbangan atau stabilitas : Memperkuat otot dan meningkatkan koordinasi tubuh. Contohnya termasuk Pilates, pose tai chi dan latihan penguatan inti.
  • Fleksibilitas : Membantu pemulihan otot, mempertahankan rentang gerak dan mencegah cedera. Contohnya termasuk yoga atau gerakan peregangan otot individu.

Kegiatan di atas dapat dilakukan secara individu atau gabungan. Yang penting adalah melakukan apa yang paling cocok untuk Anda dan nikmati olahraga Anda.

Cara Memulai

Penting untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai latihan rutin.

  1. Periksa Kesehatan Anda

Pemeriksaan awal dapat mendeteksi masalah atau kondisi kesehatan yang dapat menempatkan Anda pada risiko cedera saat berolahraga.

Ini  juga dapat membantu Anda mengoptimalkan latihan Anda, membuatnya lebih mudah bagi Anda dan pelatih pribadi Anda untuk memahami keterbatasan Anda dan membuat rencana latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus Anda.

  1. Buat Rencana dan Tetapkan Tujuan Realistis

Setelah memutuskan untuk mulai berolahraga secara teratur, cobalah untuk membuat rencana yang mencakup langkah dan tujuan yang dapat dicapai.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah memulai dengan rencana langkah-langkah mudah untuk diikuti. Kemudian Anda dapat terus membangunnya saat tingkat kebugaran Anda meningkat.

Memulai dengan tujuan kecil tidak hanya akan meningkatkan peluang keberhasilan Anda, tetapi juga akan membuat Anda termotivasi setiap langkah.

  1. Jadikan Kebiasaan

Komponen kunci lain keberhasilan olahraga adalah tetap pada rutinitas Anda.

Tampaknya lebih mudah bagi orang untuk mempertahankan rutinitas olahraga dalam jangka panjang jika mereka menjadikannya kebiasaan dan melakukannya secara teratur, akan lebih mudah untuk mempertahankan rutinitas

Selain itu, membuat jadwal atau berolahraga pada waktu yang sama setiap hari adalah cara yang baik untuk mempertahankan rutinitas Anda.

Misalnya, Anda dapat menjadikan olahraga sebagai kebiasaan dengan merencanakan berolahraga tepat setelah bekerja setiap hari.

Berapa Banyak Latihan yang Harus Anda Lakukan?

Anda tidak perlu menjadi atlet berperforma tinggi atau terbiasa berolahraga berjam-jam untuk mulai berolahraga.

Cobalah untuk memulai secara perlahan dan meningkatkan intensitas saat Anda meningkatkan level kebugaran Anda.

Meskipun jumlah aktivitas fisik harian diperlukan untuk kesehatan yang baik, membiarkan tubuh Anda untuk beristirahat juga penting.

Tidak membiarkan tubuh Anda istirahat dan pemulihan saat berolahraga meningkatkan risiko cedera, seperti ketegangan otot dan patah tulang karena stress, dan dapat mengakibatkan sindrom overtraining (OTS).

Berolahraga terlalu banyak juga dapat melemahkan sistem kekebalan Anda dan meningkatkan risiko infeksi, ketidakseimbangan hormon, suasana hati yang tertekan dan kelelahan kronis .

Contoh Program Latihan Satu Minggu

NO HARI KETERANGAN
1. SENIN Jogging kecepatan sedang 40 menit atau jalan cepat
2. SELASA Istirahat
3. RABU Jalan cepat selama 10 menit. Kemudian, selesaikan sirkuit berikut ini, istirahat 1 menit. setelah setiap set tetapi tidak di antara latihan. Regangkan sesudahnya.

• Sirkuit # 1: 3 set 10 lunges bergantian untuk setiap kaki, 10 push-up, 10 sit-up

• Sirkuit # 2: 3 set bergantian 10 dip, 10 jumping jacks, 10 squat

4. KAMIS Istirahat
5. JUMAT 30 menit bersepeda atau jogging kecepatan sedang
6. SABTU Istirahat
7. MINGGU Lari, joging, atau berjalan-jalan selama 40 menit

Program satu minggu di atas hanyalah contoh sederhana untuk membantu Anda memulai. Anda bisa mencari Untuk ide dan rencana latihan lainnya

Beberapa Tips untuk Pemula

  1. Tetap Terhidrasi

Minum cairan sepanjang hari sangat penting untuk menjaga tingkat hidrasi yang sehat.

Mengisi kembali cairan selama latihan penting untuk menjaga kinerja yang optimal, terutama ketika berolahraga di suhu panas

Selain itu, melembabkan setelah latihan Anda dapat membantu Anda pulih dan membuat Anda siap untuk sesi pelatihan berikutnya

  1. Optimalkan Nutrisi Anda

Pastikan untuk mengonsumsi diet seimbang untuk mendukung program kebugaran Anda.

Semua kelompok makanan diperlukan untuk mempertahankan tingkat energi yang sehat dan memaksimalkan latihan Anda.

  1. Pemanasan

Penting untuk melakukan pemanasan sebelum latihan Anda. Melakukannya dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan kinerja, selain itu pemanasan juga dapat meningkatkan fleksibilitas Anda dan membantu mengurangi rasa sakit setelah latihan Anda

  1. Pendinginan

Pendinginan juga penting karena membantu tubuh Anda kembali ke keadaan normal.

Mengambil beberapa menit untuk mendinginkan dapat membantu mengembalikan sirkulasi darah dan pola pernapasan normal dan bahkan mengurangi kemungkinan nyeri.

  1. Dengarkan Tubuh Anda

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga setiap hari, perhatikan batasan Anda.

Jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman saat berolahraga, hentikan dan istirahatkan sebelum melanjutkan. Mendorong rasa sakit bukanlah hal yang baik, karena dapat menyebabkan cedera.

Juga, ingat bahwa berolahraga lebih keras dan lebih cepat belum tentu lebih baik.

Cara Agar Tetap Termotivasi

Kunci untuk tetap termotivasi dan menjadikan olahraga sebagai kebiasaan adalah bersenang-senang saat melakukannya. Jadi ini memungkinkan Anda untuk tidak takut harus berolahraga.

Bergabung dengan gym atau kelas kebugaran kelompok seperti yoga atau Pilates, mempekerjakan pelatih pribadi atau melakukan olahraga tim juga merupakan ide bagus untuk meningkatkan motivasi dan kesenangan.

Berolahraga berkelompok atau bersama teman juga dapat membantu menjaga mempertahankan kebiasaan dan memotivasi Anda.

Selain itu, melacak kemajuan Anda, seperti mencatat kenaikan berat badan atau mencatat waktu berlari Anda, dapat membantu Anda tetap termotivasi untuk meningkatkan catatan pribadi Anda.

YANG PERLU DIGARIS BAWAHI

Baru mulai latihan rutin bisa menjadi tantangan. Namun, memiliki tujuan nyata dapat membantu Anda mempertahankan program kebugaran dalam jangka panjang.

Ada banyak jenis aktivitas fisik yang dapat Anda pilih. Temukan beberapa yang sesuai untuk Anda dan pastikan untuk memvariasikannya sesekali.

Tujuannya adalah mulai perlahan, tingkatkan tingkat olahraga Anda dan biarkan tubuh Anda beristirahat dari waktu ke waktu untuk mencegah cedera.

Melacak kemajuan Anda atau bergabung dengan grup kebugaran dapat membantu Anda tetap termotivasi dan mencapai tujuan Anda. Penting juga untuk makan makanan yang sehat dan hidrasi secara teratur.

Jadi tunggu apa lagi? #Ayoolahraga !

 

 

Copyright © 2010 - 2020 TokoOlahRagaOnline.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X