Bagaimana Memilih Sepeda Statis Yang Tepat Untukmu

Bagaimana memilih sepeda statis yang tepat untukmu ?

Saat pandemic akhir akhir ini, olahraga bersepeda terutama di dalam rumah menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Karena Sepeda statis merupakan salah satu latihan kardio dengan banyak manfaat kebugaran, sepeda statis dapat membantu meningkatkan imunitas, menghilangkan stress, baik untuk paru paru/pernafasan, meningkatkan kekencangan otot, memperkuat kaki, juga bagus untuk membakar kalori, dll.

Selain itu sepeda statis nyaman dan Efektif Biaya, modelnya kompak dan tidak memakan banyak ruang. juga memungkinkan kamu memanfaatkan waktu kamu secara maksimal : kamu dapat menonton TV, membaca buku atau mendengarkan musik saat kamu berolahraga .

Cara Memilih Sepeda Statis

Bagaimana memiliki sepeda statis yang dapat membantumu mencapai tujuan kebugaranmu. Bersepeda statis bisa menjadi cara yang menyenangkan dan mengasyikkan untuk menikmati olahraga sambil menggerakkan tubuh.

Olahraga dengan sepeda statis dapat menjadi cara terbaik untuk melatih kesehatan kardiovaskular dengan sedikit risiko fisik. Dengan bersepeda statis tidak terlalu membebani tubuh seperti yang olahraga dengan eliptical dan treadmill. Selain itu kamu bisa menyesuaikan dengan kecepatan sendiri.

Ada empat jenis sepeda olahraga :

  1. sepeda statis konvensional,
  2. sepeda statis aksi ganda,
  3. sepeda recumbent,
  4. spinning bike.

Masing-masing menawarkan banyak keuntungan dan fitur latihan berbeda untuk menyesuaikan dengan tujuan olahragamu. Menentukan model mana yang tepat untukmu harus menjadi langkah pertama untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihanmu berikutnya.

Berikut perbedaan dari masing masingnya :

  1. Sepeda Statis konvensional

Gaya sepeda latihan ini membuat kamu tetap dalam posisi berkendara konvensional. Karena memiliki jok sepeda standar, tidak ada penyangga belakang. Didesain untuk bersepeda dengan duduk saja, sepeda statis ini  menawarkan stang diam dan tampilan depan. Sepeda ini sangat cocok untuk yang menginginkan latihan yang nyaman tetapi tidak membutuhkan sepeda untuk latihan intensitas tinggi.

Jika kamu yakin sepeda statis model ini  sesuai dengan tujuan kamu, carilah model dengan tampilan yang jelas dan mudah digunakan. Pastikan sepeda kamu dapat melacak kecepatan, waktu, jarak, dan kalori yang terbakar. Fitur lain yang harus dicari pada sepeda statis ini adalah monitor pemantauan detak jatung .

  1. Sepeda statis Aksi ganda

Sepeda statis ini menggerakkan seluruh tubuh, selain kaki yang bergerak juga bisa disetting latihan tangan ikut bergerak mengikuti gerakan kayuhan. Roda berputar menghasilkan udara. Sepeda ini cocok untuk menggerakkan seluruh otot otot tubuh terutama yang kaku. Karena dengan sepeda statis model ini selain tangan dan kaki bergerak juga akan memungkinkan pergerakan otot perut dan dada.

Jika kamu memilih model sepeda statis seperti ini pilihlah dengan bisa diset berat ringannya kayuhan agar kemampuan kayuhanmu bisa meningkat.

  1. Sepeda Recumbent

Sepeda recumbent biasa dipakai untuk rehabilitasi fisik. Posisi duduk dibawah sehingga lebih aman, menghindari cidera dan menambahkan kekuatan. Posisi duduk lebih nyaman karena pengguna duduk vertical sejajar dengan pedal .ini membuat sepeda recumbent menjadi pilihan optimal bagi orang-orang dengan masalah punggung, masalah sendi, atau cedera yang sudah ada sebelumnya.

Sepeda recumbent  menawarkan stang di kedua tampilan depan, serta di sepanjang sisi jok. Saat memilih sepeda recumbent, cari fitur yang sama seperti sepeda statis konvensional : tampilan yang jelas dengan pengukuran yang diinginkan, program latihan internal, tempat duduk yang dapat disesuaikan, dan beberapa bentuk pemantauan detak jantung. Pembeli sepeda recumbent  juga harus mempertimbangkan dimensi alat. Karena posisi bersandar dan bentuk berbaring membutuhkan lebih lebih banyak ruang daripada opsi sepeda lainnya.

  1. Spinning Bike

Didesain untuk pengguna bisa duduk dan berdiri, bisa seperti gerakan menanjak dan menurun. Spinning bike bagus untuk latihan interval tinggi dan membakar lemak .

Spinning bike simulasi bersepeda yang sebenarnya spinning bike biasa dipakai pembalap sepeda untuk meningkatkan stamina. Spinning bike dipakai untuk membakar kalori modelnya simple dan mudah digunakan dengan pemberat dan rem, latihan bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu .

Tetapi dengan begitu banyak di pasaran, bagaimana kamu menemukan sepeda statis terbaik untuk kamu? Berikut pertimbangan dari masing masingnya

 

BEBERAPA FITUR SEPEDA STATIS

  • Setiap peralatan olahraga harus memiliki setidaknya beberapa fitur dasar. Kamu  perlu mencari sepeda statis dengan berbagai tingkat hambatan, dan kursinya harus cukup nyaman karena kamu akan menghabiskan waktu yang cukup banyak di atasnya. Selain itu, jika kamu tidak benar-benar berukuran rata-rata, carilah kursi yang dapat disesuaikan. Namun, jika kamu benar-benar ingin membeli satu sepeda tertentu, yang tidak memiliki kursi terbaik, kamu dapat membeli sarung jok tambahan dengan gel atau bantalan. dan kenyamanan adalah kunci saat kamu mencari sepeda statis, kamu dapat membeli bantalan kursi atau bahkan celana pendek bersepeda yang empuk untuk mengendarainya dengan nyaman, atau kamu bisa menukar kursi dengan kursi yang benar-benar berbeda yang kamu sukai.
  • Kursi dan Stang yang Dapat Disetel Sepeda statis yang baik harus memiliki tempat duduk yang dapat diatur baik secara vertikal (naik turun) dan horizontal (maju dan mundur). Pastikan jok disetel sedemikian rupa sehingga kamu bisa mendapatkan posisi yang tepat di sepeda statis. Selain itu, stang harus bisa disetel ke atas dan ke bawah serta ke depan dan ke belakang, Dengan begitu, kamu memiliki ruang untuk bermain-main dan memastikan kamu bisa berada di posisi yang tepat. Semakin banyak pengaturan yang tersedia, semakin personal dan spesifik penyesuaian yang bisa didapat. Jika kamu akan mengikuti kelas kebugaran seperti spinning bike maka kamu perlu stang yang kokoh . jika kamu terbiasa dengan sepeda jalan raya, kamu mungkin menginginkan stang naik turun .
  • Pemberat / Resistance. Mampu menyesuaikan daya tahan sangat penting untuk latihan menjadi lebih sulit atau lebih mudah, Kontrol resistence digital dapat memberikan pengalaman yang lebih baik daripada kenop yang anda putar,” Hambatan magnetis yang dikendalikan komputer pada flywheel sangat bagus untuk pengendaraan yang lebih realistis, dan kamu tidak perlu menjangkau ke bawah untuk memutar knop untuk menciptakan lebih banyak hambatan.” Tetapi itu bukan hal penting untuk latihan pemula.
  • Stabilitas, Penting untuk memastikan sepeda statis stabil, Saat kamu duduk / mengayun sepeda tidak boleh bergerak. Itu harus tetap tertanam kuat di lantai. “Jika tidak terlihat stabil atau sepertinya tidak dapat menopang berat badan kamu, mungkin daya tahannya kurang,disarankan,  untuk memeriksa berat sepeda: Semakin berat, semakin tinggi kemungkinannya akan kokoh dan stabil. Periksa Batas Berat dan Berat Sepeda

Semakin berat alatnya, semakin stabil jadinya. Untuk sepeda statis yang berat, harus ada roda pengangkut yang disertakan, jika tidak, kamu akan kesulitan memindahkan alat berat dari satu tempat ke tempat lain. Dan yang tak kalah pentingnya, pastikan bahwa berat kamu tidak di atas beban maksimum yang didukung, jika tidak, Kamu dapat membahayakan keselamatan kamu sendiri.

  • Kemudahan Penggunaan, sehingga kamu tidak perlu berhenti untuk turun dari sepeda statis hanya untuk menyetel settingan pemberat pada sepeda, dan ini akan membuat latihan lebih optimal
  • Tampilan digital. Jika sepeda memiliki layar video terlampir, itu juga harus menampilkan statistik Anda di sana. Jika tidak, cari pelacak digital kecil yang menunjukkan kecepatan, RPM, jarak, dan watt (atau daya) kamu. Meskipun kamu mungkin tidak memerlukan ini, banyak orang ingin melacak statistik mereka. kamu mungkin juga merasa terbantu selama kelas, jika instruktur menggunakan isyarat berdasarkan pencapaian RPM atau watt tertentu.
  • Tempat Air Minum, Terutama jika kamu berencana untuk sering menggunakan untuk waktu yang lebih lama,Agar anda selalu terhindrasi.
  • Beberapa fitur  tersedia untuk membuat bersepeda statis senyaman mungkin. Tempat botol air,tempat smartphone, dan tempat tablet dapat menyimpan barang-barang Anda di dekat dan dalam jangkauan. Dudukan tablet dapat membantu kamu mengikuti program latihan tertentu secara visual saat mengayuh. Beberapa model juga dapat menyertakan sistem kipas untuk membuat kamu tetap sejuk selama bersepeda statis .
  • Speaker internal juga dapat memberikan peningkatan audio untuk pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik. beberapa sepeda dapat melacak latihan kamu melalui Bluetooth dan menyinkronkan data ke aplikasi smartphone kamu.
  • Model Tertutup untuk Keamanan. Jika kamu tinggal di rumah dengan anak kecil, kamu harus memperhatikan model sepeda statis terbuka. Karena anak bisa terluka, Untuk menghindarinya, pastikan bagian mekanik sepeda (seperti roda, rantai dan flywheel) tertutup, agar jari atau bagian tubuh anak tidak bisa tersangkut di dalamnya.
  • Kebisingan Berlebihan Meskipun hal ini tidak menjadi masalah bagi semua orang. Sepeda yang model aksi ganda cenderung lebih berisik, karena memiliki hambatan udara. semakin keras kamu mengayuh, semakin kuat hembusan angin dan semakin keras suaranya. Kebanyakan sepeda statis tidak mengeluarkan suara yang mengganggu tetapi jika, misalnya, kamu ingin mendengarkan musik atau menonton TV sambil berolahraga, kebisingan tersebut dapat mengganggu kamu
  • lihat produk2nya klik disini >> sepeda statis

Copyright © 2010 - 2021 TokoOlahRagaOnline.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X