Tips Membuat Ruangan Gym Di Rumah

Berolahraga seperti fitness di rumah adalah salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan tubuh fit bersama keluarga.

Tetapi sebelum berencana membeli peralatan gym, cobalah mempertimbangkan jenis latihan apa yang ingin Anda lakukan,  berapa biaya yang akan dikeluarkan dan berapa luas ruangan yang dibutuhkan.

Berikut tips untuk memulai :

  1. Sesuaikan dengan ruang yang Anda miliki

Ruangan  yang dibutuhkan sangat tergantung pada jenis latihan yang Anda rencanakan untuk dilakukan. Misalnya, jika rencananya adalah untuk peralatan kardio dan multi-gym, pastikan Anda memiliki ruang tambahan untuk latihan peregangan atau lantai seperti push-up dan lompat tali.

Ruang yang terlalu kecil dapat menyebabkan suasana yang berantakan dan tidak aman yang dapat mengakibatkan cedera. Ini juga akan membuat Anda tidak malas dan tetap berkomitmen untuk program latihan.

Jika memiliki banyak ruang ekstra, Anda bisa memiliki banyak pilihan alat. Tetapi ketika ruang terbatas, kuncinya adalah memilih latihan yang tidak perlu banyak menggunakan alat.

Latihan seperti push up, sit up, squat, dan lunges, tidak membutuhkan banyak ruang. Untuk kardio di rumah, coba sepeda statis atau spinning bike, karena selain bagus untuk jantung, juga tidak membutuhkan banyak ruang.

Pilihan lain adalah membeli beberapa peralatan olahraga hemat-ruang, seperti sistem TRX suspension  yang dipasang di pintu.

Untuk memulai, ambil peralatan sederhana dan serbaguna. Seperti :

  • Resistance bands, untuk latihan kekuatan dan peregangan
  • Satu atau dua kettlebell, untuk mengangkat beban dan untuk menambah daya tahan terhadap latihan beban tubuh.
  • Matras yoga bagus untuk banyak latihan, termasuk yoga, pilates, peregangan, latihan berat badan dan banyak lagi.

Jika Anda sudah memiliki dasar-dasarnya dan ingin lebih, pertimbangkan untuk menambahkan item di bawah ini :

  • Dumbbell, untuk latihan tubuh bagian atas
  • Medicine ball untuk latihan kekuatan
  • Roller busa, untuk meregangkan dan memijat otot-otot yang kencang

Dan tentu saja, Anda harus selalu menyesuaikan peralatan yang Anda dapatkan dengan latihan spesifik Anda.

Faktor ruangan lainnya seperti : 

  • Penerangan, Penerangan juga penting untuk tetap termotivasi dan berkomitmen. Jika ruangan gym memiliki suasana gelap dan suram, bisa menjadi penghalang untuk malas memasuki ruangan. Desain dibuat agar cerah dan mengundang.
  • Cermin, Cermin di sepanjang dinding utama gym rumah Anda juga penting. Ini memungkinkan untuk memperhatikan bentuk dan teknik olahrraga. Pastikan cerminnya cukup besar sehingga Anda bisa melihat dari kepala hingga kaki. Pelatihan kekuatan dan fleksibilitas sebaiknya dilengkapi dengan penggunaan cermin.
  • Stop kontak/ daya listrik, Disarankan untuk menempatkan alat yang memerlukan daya  listrik langsung langsung di dinding dan tidak melalui kabel tambahan. Khususnya treadmill untuk memastikan output daya yang cukup untuk performa motor terbaik.

 

  1. Coba dengan anggaran terbatas

Peralatan fitness dapat berkisar dari yang murah hingga mahal. Pertahankan biaya tetap rendah dengan memulai dengan daftar alat di atas, dan menambahkan item baru satu per satu.

  • Temukan penawaran sale/ harga promo
  • Kunjungi toko dan diskon untuk aksesori kebugaran
  • Atau pertimbangan lain bisa pilih barang bekas yang masih bagus untuk barang yang mahal dan besar

Tempat yang tepat untuk menemukan peralatan gym dan menghemat biaya, adalah tokoolahragaonline. Anda dapat menemukan pilihan untuk treadmill, dumbel, barbel, sepeda olahraga, bench, dan banyak lagi.

 

  1. Latihan tanpa alat

Jika Anda baru mulai berolahraga di rumah, pertimbangkan untuk meninggalkan peralatan terlebih dahulu dan gunakan latihan beban tubuh, yang sepenuhnya gratis tanpa mengeluarkan biaya membeli alat.

 

  1. Manfaatkan sebaik mungkin

Jika Anda menyimpan peralatan olahraga dan tidak terlihat, seberapa besar kemungkinan Anda akan mengeluarkannya setiap kali berolahraga? jika Anda kekurangan ruang, temukan ruang khusus untuk peralatan Anda di mana Anda dapat melihatnya, ini akan mendorong Anda untuk menggunakannya.

Isi area gym juga dengan handuk, botol air, speaker Bluetooth, dan apa pun yang Anda gunakan selama berolahraga. Juga pertimbangkan membawa TV atau tablet untuk menonton video kebugaran atau cara latihan.

Berikut peralatan yang merupakan prioritas yang Anda perlukan untuk home gym Anda dan akan menjadi  dasar dari hampir semua latihan Anda.

  • Plate Beban

Pilih plate beban yang dilapisi rubber jadi ketika dijatuhkan akan sedikit beresiko lantai rusak.

  • Bench

Pilih bangku yang multi fungsi dengan kemiringan ke atas , datar dan ke bawah .

  • Rak

Rak adalah elemen penting dari pengaturan gym anda, untuk mengatur alat-alat gym agar tidak berantakan

Anda mungkin juga ingin mencari rak yang dapat dengan mudah mengambil alat, misalkan pull up bar adalah tambahan yang bagus .

  • Karpet gym

Aspek perencanaan Gym yang sangat penting adalah bagian lantai, pilih karpet yang harus melindungi lantai Anda dan membantu membuat peralatan gym bertahan yang lebih lama. Karpet gym yang tepat juga akan membantu mengurangi tingkat suara yang keluar dari alat alat gym.

  • Ketteblell

Pilih sepasang kettebell yang relative berat (12-16kg) karena membawa pelatihan fungsional ke latihan Anda, memberikan variasi 100 an lebih banyak tanpa memerlukkan ruang ekstra di gym Anda .

  • Masalah kardio anda bisa membeli treadmill tapi apabila tidak cukup ruang Anda bisa dari keluar ruangan /jalan/jogging track

 

 

Copyright © 2010 - 2019 TokoOlahRagaOnline.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X