Panduan Membeli Sepeda Statis

Manfaat Bersepeda
Bersepeda secara teratur (sebagai olahraga atau tujuan yang lain) membawa dampak positif terhadap kesehatan manusia dari semua tingkatan usia, termasuk di antaranya adalah : mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lainnya; biaya pemeliharaan kesehatan yang lebih rendah; dan meningkatan taraf hidup.

Tidak peduli berapa lama jam terbang Anda bersama sepeda, bersepeda merupakan cara berolahraga yang menyehatkan. Aktivitas fisik memegang peranan sangat penting sekarang ini. Kita bisa mengamati, banyak orang sekarang ini lebih banyak berdiam diri duduk dan menderita obesitas dikarenakan kurangnya aktivitas fisik, hal ini menjadikan hidup mereka beresiko.

Meningkatnya aktivitas fisik yang sederhana sekalipun, sampai tingkat sedang, akan mendatangkan keuntungan yang cukup dibandingkan mereka yang tidak terlalu aktif. Melakukan kegiatan fisik ringan sampai sedang akan mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lain yang mengancam jiwa. Aktivitas fisik juga merangsang kesehatan mental dan bahkan mengurangi biaya pemeliharaan kesehatan kita. Orang dewasa sampai usia lanjut juga akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan bersepeda ini. Olahraga yang teratur akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi usia lanjut, termasuk didalamnya jantung yang lebih kuat, mental yang positif dan banyak manfaat lain yang tidak berdiri sendiri, manfaat yang penting akan terlihat ketika kita menginjak masa tua.

Kebanyakan orang sudah mengetahui manfaat dari aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur. Bahkan dikatakan bahwa sedikitnya 30 menit bersepeda tiap hari sudah cukup untuk meningkatkan tingkat energi dan mood kita, ditambah bonus turunnya berat badan, Namun bagaimana mengupayakan supaya aktivitas fisik tersebut menjadi kebiasaan kita yang dapat kita lakukan secara kontinyu? Mulailah dengan menentukan tujuan-tujuan yang masuk akal, buatlah secara gradual dan usahakan menjaga supaya aktivitas tersebut tetap menyenangkan.

Keuntungan lain bersepeda adalah memperkuat otot, mengurangi lemak, melatih koordinasi keseimbangan dan meningkatkan kemampuan jantung. Bersepeda juga membutuhkan oksigen yang lebih banyak dibandingkan mereka yang pasif duduk dalam mobil atau kendaraan umum. Bagusnya bagi pengayuh sepeda, mereka menghirup dan menghembuskan lebih banyak udara dibandingkan mereka yang pasif dalam satuan waktu yang sama, sehingga partikel yang berbahaya tidak sempat mengendap di paru-paru dan salurannya.

Bersepeda mampu meningkatkan fungsi kerja jantung, paru-paru, menurunkan gula darah dan tekanan darah. Bersepeda terutama dapat melatih otot kerja lower body atau otot bagian bawah seperti kaki, betis, dan juga paha. bersepeda jugamampu membakar lemak, menurunkan berat badan, melatih otot gerak tubuh agar lebih lentur dan lebih fleksibel. “Karena itu olahraga ini cocok untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih yang tidak dianjurkan untuk jogging

MANFAAT SPESIFIK SEPEDA STATIS

Bersepeda statis adalah salah satu bentuk olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan umum Anda, secara lembut bekerja pada persendian dan sedikit/hampir tidak ada efek samping.

Sepeda statis memiliki monitor latihan yang dapat melihat pulse jantung, kalori, jarak, waktu tempuh, kecepatan
Anda dapat mengontrol kecepatan pada pedalnya sehingga semua orang dari segala usia dapat menggunakannya
Sepeda statis pilihan bagi yang merasa kekurangan waktu dan tempat untuk bersepeda, siang/malam dan cuaca hujan/panas tidak menjadikan kita malas bersepeda

Manfaat :

• Meningkatkan kebugaran cardiovascular
• Meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas
• Meningkatkan mobilitas persendian
• Mengurangi stress
• Memperbaiki postur tulang
• Memperkuat tulang
• Mengurangi lemak tubuh

FITUR :
• handle tangan ada yang bisa bergerak/diam atau bisa dua-duanya
• pilih gir atau pemberat dari kampas / belt / magnet
• Ketinggian sadel/tempat duduk bisa naik/turun disesuaikan dengan tinggi badan pengguna
• Dilengkapi dengan monitor display yang dapat memantau waktu, jarak tempuh, kalori yang terbakar, detak jantung, total gerakan pemakaian selama bersepeda

posisi duduk sepeda statis

posisi duduk sepeda statis

 

TEKNIK LATIHAN
1. Pemanasan sebelum berolahraga, dan melakukan pendinginan setelah berolahraga
2. Berpakaian yang nyaman dan aman, pastikan pakaian Anda tidak terperangkap pada bagian yang bergerak
3. Minumlah air yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga
4. Jika usia Anda lebih dari 35th konsultasikan kepada dokter sebelum memulai latihan
5. Posisi duduk adalah hal terpenting, salah satu cara untuk mendapatkan tinggi duduk yang tepat adalah duduk di sepeda Anda, letakkan kaki Anda pada pedal dan atur ketinggian tempat duduk sehingga kaki Anda hamper lurus dengan pinggul Anda, dan sedikit menekuk lutut Anda (Lihat Gambar diatas)
6. Pandangan kedepan
7. Mulailah secara perlahan dan terus menerus (tingkatkan)
8. Latihan untuk pemula (Lihat Tabel)

Minggu Hari 1 Hari 2 Hari 3 Hari 4 Hari 5 Hari 6 Hari 7
1 10menit istrirahat 12menit istirahat 15menit istirahat istirahat
2 12menit istrirahat 15menit istirahat 17menit istirahat istirahat
3 15menit istrirahat 17menit istirahat 20menit istirahat istirahat
4 17menit istrirahat 20menit istirahat 20menit istirahat istirahat

 

Tips Membeli dan memilih sepeda statis :
1. Ada banyak model berbeda dengan berbagai preferensi. Tentukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda
2. Mempertimbangkan ketersediaan ruang / kendala di rumah dalam memilih sepeda.
3. Pilihlah yang tahan lama, dan kuat yang dapat digunakan oleh orang lain yang mungkin lebih berat.
4. Tentukan ukuran apa yang nyaman bagi anda. Ukuran Kecil, sedang, besar.
5. Periksa garansi, harga dan merek tidak menjadi jaminan saat anda membeli suatu barang.
6. Pilihlah yang sesuai dengan usia, dan keadaan fisik misalnya sepeda dengan handle tangan bergerak/diam atau gir pemberat magnet/belt/kampas .
7.Tenang, dan tidak terburu – buru, konsultasikan dahulu dengan dokter/personal trainer/toko penjual alat fitness sesuai keadaan kita, agar alat yang dibeli tidak menjadi besi tua, karena tidak cocok, malas dipakai, tidak enak, dan ribet pindah – pindah, dan lain – lain.
Selamat memilih sepeda statis dan rajinlah berolahraga demi terjaganya kesehatan dan kebugaran kita.


 

 

Copyright © 2010 - 2020 TokoOlahRagaOnline.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X