OLAHRAGA UNTUK USIA LANJUT

Olahraga penting untuk semua usia baik remaja sampai para orang tua yang sudah lanjut usia, karena orang yang aktif memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, depresi dan demensia.
Seiring bertambahnya usia seseorang, tubuh mereka mengalami penurunan dalam fungsi organ tubuh, dengan aktivitas fisik dan pola hidup sehat membantu untuk memperlambat penurunan itu, Apabila Anda ingin mengurangi resiko tersebut, Anda disarankan untuk terus bergerak.
“Sangat penting bagi mereka untuk tetap aktif atau bahkan meningkatkan aktivitas mereka ketika mereka semakin tua.” Oleh karena itu, bagi mereka yang telah lanjut usia harus tetap didorong serta diberi semangat untuk melakukan aktivitas fisik terutama berolahraga.
Apa aktivitas fisik?
Aktivitas fisik adalah segala sesuatu yang mendapat tubuh Anda bergerak. Hal ini dapat mencakup apa saja dari berjalan, berkebun, olahraga rekreasi.
setidaknya 150 menit aktivitas sedang setiap minggu, Idealnya, Anda harus mencoba untuk melakukannya setiap hari, sebaiknya minimal 10 menit atau lebih.
Salah satu cara untuk mencapai 150 menit aktivitas fisik adalah dengan melakukan 30 menit per hari, setidaknya lima hari seminggu.
Contoh kegiatan aerobik intensitas sedang meliputi:
– berjalan cepat di permukaan tanah atau di treadmill dg alas elastis
– aerobik di air / berenang
– naik sepeda atau sepeda statis
– bermain tenis ganda
– Senam Jantung
tugas sehari-hari seperti belanja, memasak atau pekerjaan rumah tangga tidak diperhitungkan 150 menit, karena aktivitas ini kurang berdampak dalam meningkatkan denyut jantung.
Selain target 150 menit Anda, cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan yang melatih otot-otot. Hal ini dapat mencakup:
Latihan beban, Jangan dibayangkan mereka disuruh mengangkat barbel yang berkilo-kilo beratnya. Angkat beban yang ditujukan untuk para orang tua bisa jadi hanya seberat botol air mineral ukuran sedang. Olahraga ini berguna untuk tetap melatih kekuatan otot-otot tangan mereka.
Berkebun, Rata-rata para lanjut usia sangat mengemari kegiatan ini, dengan kegiatan berkebun dan berternak terbukti ampuh dapat mengurangi tingkat stres mereka dan melatih daya ingat serta konsetrasi mereka.
Yoga atau latihan pernapasan, Sekali lagi jangan membayangkan kegiatan yoga dipenuhi dengan gerakan menekuk-nekuk tubuh. Latihan yoga untuk para lanjut usia hanya berupa olah pernapasan dan peregangan badan. Ketika seseorang melakukan kegiatan ini mereka dapat melatih diri agar selalu merasa tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupan di usia tua.
Selain tersebut diatas, masih banyak aktivitas fisik secara teratur untuk orang yang lanjut usia perlu lakukan untuk tetap sehat dan cobalah untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan duduk di siang hari, serta hindarilah hal-hal yang dapat mempercepat proses penuaan organ-organ tubuh kita seperti mengonsumsi rokok, alkohol, stres dan makanan tidak sehat. Dengan senantiasa menjaga pola hidup sehat serta olahraga yang baik selagi muda, yakinlah bahwa tubuh Anda akan tetap kuat hingga tua nanti.








 

 

Copyright © 2010 - 2018 TokoOlahRagaOnline.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X