OLAHRAGA DAN PRODUKTIVITAS KERJA

Pengaruh Kebugaran Fisik Terhadap Produktivitas Kerja

Kesegaran jasmani atau biasa disebut kebugaran jasmani berhubungan dengan kemampuan alat-alat tubuh untuk melakukan tugas sehari-hari tanpa timbulnya kelelahan atau kepenatan berarti, serta masih memiliki tenaga cadangan untuk menghadapi keadaan darurat yang menimpa dirinya atau meminta perhatiannya. Dengan kata lain jika seseorang mampu melakukan aktivitas fisik keseharian tanpa menyebabkan timbulnya kelelahan dan kepenatan yang berarti serta masih memiliki tenaga cadangan untuk aktivitas darurat mendatang, maka orang itu bisa dikatakan segar secara jasmani.

Tentu saja di era persaingan industri serta globalisasi seperti sekarang ini tuntutan kerjapun semakin meningkat. Setiap orang dituntut untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang ia miliki termasuk didalamnya adalah potensi fisik. Kemampuan kerja fisik dirasakan begitu penting walau dengan kadar yang berbeda untuk setiap orang tergantung pekerjaan yang ia tekuni. Tingkat kesegaran jasmani setiap orang memang berbeda-beda tergantung aktivitas fisik keseharian yang dihadapinya. Standar kesegaran jasmani seorang atlet lari tentu saja berbeda dengan standar kesegaran jasmani seorang pegawai bank, misalnya. Dengan kemampuan fisik yang prima atau segar, tuntutan pekerjaan yang dihadapi tentu akan mudah dihadapi karena modal dasar yang dimiliki,yaitu fisik, dapat berfungsi secara optimal. Hal tersebut secara mutlak langsung berdampak secara signifikan terhadap produktivitas kerja. Kesegaran jasmani memang selalu berbanding lurus terhadap produktivitas kerja.

Menjaga tingkat kesegaran jasmani salah satunya dapat dicapai dengan jalan berolahraga. Olahraga mempunyai arti penting untuk menjaga kesegaran jasmani. Berolahraga dapat dilakukan melalui berbagai macam cara dan bentuk. Sekarang ini telah banyak cabanng-cabang olahraga yang mulai dikenal luas di masyarakat yang membawa manfaat positif terhadap kondisi kesegaran jasmani. Salah satu olahraga yang mudah, murah serta praktis untuk dilakukan adalah olahraga lari. Intesitas laripun tidak perlu terlalu berat untuk setiap latihannya,lebih tepatnya disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing orang. Untuk orang awam disarankan melakukan aktivitas lari ringan selama 30 menit sehari, 3 kali seminggu. Pelaksanaannya dengan menggunakan sistem hari selang, misalnya berolah raga 3 kali seminggu (senin-rabu-jumat atau selasa-kamis-sabtu). Dengan begitu tubuh akan secara efektif mengambil manfaat dari olahraga yang kita lakukan. Olahraga lari yang dilakukan secara teratur secara jelas mampu memberikan manfaat pada tubuh, diantaranya menjaga elastisitas pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, menguatkan sistem persendian, melancarkan suplai oksigen ke otak, serta memaksimalkan fungsi sistem pernapasan dalam memanfaatkan oksigen.

Olahraga lari menjadi olahraga yang sangat umum untuk dilakukan karena sifatnya yang mudah, murah serta praktis (Mudah karena gerak olahraga lari hakikatnya merupakan unsur gerakan alamiah manusia, Murah karena dalam olahraga ini tidak diperlukan alat-alat khusus serta Praktis pasalnya olahraga ini bisa dilakukan dimana saja).Olahraga lari memang dapat dilakukan dimana saja baik itu di lapangan, di jalanan umum,bahkan di dalam ruangan sekalipun. Sekarang ini banyak sekali komplek perkantoran dan pusat perbelanjaan yang menyediakan ruangan khusus yang dilengkapi dengan treadmill sebagai alat yang diperlukan untuk aktivitas olahraga lari di dalam ruangan. Dengan treadmill kita bisa melakukan olahraga lari tanpa berpindah tempat sehingga sangat efektif karena sifatnya yang menghemat tempat. >> selengkapnya

Selain berolahraga ternyata masih banyak lagi faktor yang mendukung tercapainya kesegaran jasmani. Setidaknya, menurut The American Medical Association ada 7 faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani, yaitu: kesehatan perorangan, makanan, pemeliharaan gizi, latihan, pemuasan kerja, permainan sehat dan rekreasi, istirahat dan pelemasan/relaksasi. Dari ketujuh faktor tersebut, olahraga termasuk dalam klasifikasi latihan. Kesegaran jasmani memang hal yang layak diperjuangkan di tengah tingginya tuntutan kerja karena kesegaran jasmani, seperti kata Peter Karpovich dalam bukunya Physiology of Muscular Activity, apabila kesegaran jasmani lebih baik berarti kapasitas belajar/bekerja pun menjadi lebih baik.
Lantas tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang. Jagalah selalu kesegaran jasmani kita dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi serta beristirahat secara cukup guna menjaga kesehatan serta mempertinggi daya kerja kita.

SUMBER : Nov21 by agamakhmad








 

 

Copyright © 2010 - 2019 TokoOlahRagaOnline.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X